Rabu, November 19, 2008

"THE PRICE IS REALLY UP TO YOU", SAYS RADIOHEAD

by Hermawan Kertajaya

Silakan membayar berapa saja. Kalau tidak mau membayar sama sekali juga tidak apa-apa
Itulah yang kira-kira dikatakan Radiohead kepada setiap orang yang ingin mendapatkan album terbaru mereka (saat itu), "In Rainbows".
Ya, band rock alternatif asal Oxfordshire, Inggris ini meluncurkan album mereka yang ketujuh secara online di Internet pada 10 Oktober 2007. Ke-15 lagu dalam album "In Rainbows" tadi bisa didown-load di situs www.radiohead.com atau www.inrainbows.com.
Yang menarik, Radiohead tidak mengenakan harga khusus untuk lagu-lagu tadi. Jadi, ketika orang sudah memilih lagu apa saja yang diinginkan lewat situs di atas, ketika mau check-out, akan muncul tulisan "It's Up to You". Seakan ingin menegaskan untuk orang yang kebingungan, ketika diklik sekali lagi muncul lagi tulisan "It's Really Up To You."
Jadi, kita bisa membayar 1 poundsterling, 10 pundstreling, 1.000 pundstreling, atau malah tidak membayar sama sekali. Semua terserah kita.
Langkah yang unik, bukan ?
Band yang dipimpin oleh Thom Yorke ini seakan ingin meruntuhkan model bisnis musik yang sudah mapan. Kebetulan, band ini juga sudah tidak terikat kontrak lagi dengan studio rekaman manapun alias Independen. Kontrak terakhir mereka dengan EMI/Capitol berakhirt pada tahun 2004. Jadi, mereka bisa dengan bebas mengatur model bisnis yang ingin mereka lakukan.
Selain itu, band yang berdiri pada tahun 1986 dengan nama On a Friday itu juga menyadari bahwa lagu-lagu mereka di album-album sebelumnya juga bisa didapatkan dengan gratis di Internet, secara ilegal tentunya. Jadi, mereka pikir, kenapa tidak sekalian saja diluncurkan album resmi dengan cara seperti itu?
Inilah yang menunjukan bahwa harga itu sekarang bisa berubah-ubah seperti Currency. Tergantung bagaimana orang mengapresiasi produk atau Co-creation tersebut.
Dalam kasus Radiohead, walaupun mayoritas tidak membayar, namun tidak sedikit pula yang justru berani membayar jauh lebih mahal daripada harga yang wajar. Mereka beranggapan bahwa hasil karya dan langkah terobosan Radiohead itu perlu diapresiasi dengan baik.
Nah, sekali lagi, ini menunjukan adanya proses horisontalisasi antara produsen dan pelanggan. Harga yang dulu pada era Legacy Marketing bisa ditetapkan secara sepihak, di era New Wave Marketing ini juga bisa ditentukan oleh pelangan sendiri.

dikutip


h2o

Tidak ada komentar: